Mengenai Saya

Foto saya
alamat : jalan Wastukencana 31 Bandung telepon 022.4221953 02292304833

Rabu, 05 Oktober 2011

perpajakan usaha laundry

Halo Pak Arief dan sobat2 Tac Tic Tax, mau nanya bagaimana perhitungan pajak dalam usaha laundry pakaian. Terimakasih

Bls: [tactictax] (unknown)

usaha laundry seperti halnya usaha lain, akan terutang pajak sbb :
1. jika usaha ini sdh berbadan hukum maka atas laba usaha akan terutang PPh pasal 25/29
2. atas gaji yg dibayar kepada pegawai, wajib dipotong pph 21 oleh perusahaan utk selanjutnya disetor ke bank/kantor pos
3. Jika omset usaha sudah lebih dari 600 juta karena usaha laundry adalah jasa kena pajak maka wajib dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak sehingga dalam setiap transaksinya harus memungut PPN 10%
4. Jika membayar kepada pihak ketiga dan masuk dalam kelompok pemotongan PPh maka wajib memotong PPh misal jika menyewa ruangan maka wajib memotong pph pasal 4(2) final, jika membayar jasa tertentu kepada pihak lain maka wajib memotong pph pasal 23.
5. tentu saja pelaporan spt masa dan tahunan untuk usaha ini juga menjadi kewajiban utama

terima kasih/arief risman



2 komentar:

  1. Bbapak arief risman, saya ingi tanya. Kalau usaha laundry nya sudah berjalan 5 tahun tp belum berbadan hukum omsetnya pun di bawah 25 juta dan memperkerjakan karyawan dengan gaji di bawah umr. Apakah masih kena pajak?

    BalasHapus
  2. Bbapak arief risman, saya ingi tanya. Kalau usaha laundry nya sudah berjalan 5 tahun tp belum berbadan hukum omsetnya pun di bawah 25 juta dan memperkerjakan karyawan dengan gaji di bawah umr. Apakah masih kena pajak?

    BalasHapus