Mengenai Saya

Foto saya
alamat : jalan Wastukencana 31 Bandung telepon 022.4221953 02292304833

Rabu, 23 Oktober 2013

usaha kost-kost-an dan usaha istri

Pak,,saya mau tanya kalo misalkan ayah saya buka kos lebih dari 50 kamar dan mempunyai npwp sendiri,,sementara ibu saya baru-baru ini membuka usaha kecil jualan benang wool tapi belum ber-npwp, omsetnya 250 juta lebih per tahun...
itu pengenaan pajaknya bagaimana ya pak untuk usaha kos dengan jualan benang wool?
bisa digabung atau tidak penghasilan ayah dengan ibu saya tersebut untuk bayar pajaknya?
dan apakah ibu saya perlu membuat npwp nya sendiri atau bisa ikut dengan ayah saya??

Trima kasih pak!

jawab
Utk usaha kost2an ada bbrp kewajiban pajak : terutang pajak hotel/penginapan (setor-lapor ke dispenda) lalu utk laba usaha dari usaha kost terutang PPh. Nah skrg omset setahun bisnis kost tambah omset usaha wool dijumlah berapa totalnya dalam setahun. Jika lebih dari 4,8Miliar setahun maka pake pembukuan lalu dihitung dgn tarif PPh pasal 17.
Jika omset setahun kurang dari 4,8M maka pembayaran PPh nya menggunakan PP46 yaitu PPh final 1% perbulan dari omset bulanan. (penghitungan PPh final ini mulai berlaku masa Juli 2013)
Kondisi di atas dgn asumsi suami istri npwp nya digabung, dan memang lbh simple digabung saja.

Terima kasih
www.inspiratorbijak.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar