Pak Arif mo tanya lagi nih…
1. Pak kalo Badan yang baru berdiri (sudah ada NPWP) dan belum beroperasional, apa harus membuat SPT Masa PPh Ps 21? Memang untuk dapat NPWP kan sebuah badan harus ada ijin domisili, nah di surat ijin domisili tercantum banyaknya karyawan, jadi waktu buat SPT Masa PPh 21 jumlah karyawannya minimal sama atao boleh lebih sedikit?
2. Badan yang tidak ada transaksi PPh 23, PPh 22, PPh Ps 4 (2), apa tetap harus lapor SPT Masa nya tiap bulan walaupun NIHIL? Atau tidak perlujawab :
1. SPT yg wajib dilaporkan meskipun nihil pembayaran pajaknya adalah SPT masa PPh pasal 25 (angsuran PPh) lalu spt masa 1721 (spt masa pph pasal 21 : pemotongan pph atas gaji,upah karyawan dst) serta PPN (jika sdh berstatus PKP)
2. Jika terdapat objek pemotongan maka wajib dilaporkan spt-nya yaitu spt masa PPh pasal 22,23, 4(2), pasal 15. artinya jika nihil maka tidak perlu lapor spt-nya
3. untuk spt tahunan, jika nihil pun tetap wajib dilaporkan
trm kasih
Arief Risman
itu dasar hukumnya apa ya mas?
BalasHapus